Belajar bisnis online GRATIS bagi pemula

Posted on 191 views

Ini adalah lanjutan dari tulisan saya yang pertama tentang  Bagaimana cara memulai bisnis online.

Apa yang saya tuliskan disini lebih ke pengalaman pribadi saya dan beberapa panduan internet marketing pemula yang saya ikuti dan banyak menambah pengetahuan saya tentang bisnis online.

Penyakit umum bagi pemula bisnis adalah terlalu bersemangat dan tanpa perhitungan yang matang. Biasanya seorang karyawan yang ingin jadi pengusaha saking semangatnya dia keluar dari pekerjaannya saat itu juga tanpa pikir panjang. Motivasi dari para pelaku bisnis online dan offline itu baik namun tidak untuk disikapi terlalu ekstrem.

Ingat…!

Bisnis butuh proses, menjalankan usaha sekaligus bekerja tidak ada salahnya untuk mengukur keseriusan diri kita, namun langkah selanjutnya untuk menata bisnis anda dengan baik itu wajib dilakukan. Saat usaha online yang  sudah dirintis sudah mulai membuahkan hasil, saat itulah anda bisa menentukan pilihan.

Kita harus merencanakan dengan target terukur dalam suatu periode tertentu untuk mencapai keberhasilan usaha kita. Tujuan kita berbisnis salah satunya adalah mencapai kebebasan finansial alias sudah gak mikirin duit untuk hidup sehari-hari.

Jadi jangan lupakan orang-orang terdekat kita. Minta doa restu kepada orang tua, anak dan istri selain sebagai support juga mengingatkan kepada kita bahwa keberhasilan sebuah usaha untuk keluarga juga.

Apabila anda seorang karyawan dan ingin terjun  full dalam bisnis bicarakan baik-baik dengan keluarga terdekat seperti orang tua, istri dan anak anda akan segala resikonya. Biarkan mereka siap secara mental apapun yang kemudian terjadi, Susah senang bisa ditanggung bersama…InsyaAllah…

Oke agak bertele-tele didepan ya..tapi sebagai warning untuk saya dan anda semua.

Kembali ke laptop !

Mengapa usaha online cocok bagi pemula?

PERTAMA, Bisa dilakukan dimanapun dan Kapanpun Anda Berada

Ini penting bagi orang seperti saya yang masih bekerja menghidupi anak, istri dan orang tua. Hampir semua orderan yang saya terima dari bisnis online bisa saya kerjakan setiap waktu dan disela waktu luang dan pekerjaan utama saya. Jadi…dimanapun kapanpun saya bisa mensupport client dengan bantuan teknologi. Cukup membawa Smartphone dan Tablet asalkan ada koneksi Internet. orderan bisa dicek melalui Media Sosial, Email dan Aplikasi Chating seperti WhatsApp, Telegram, BlackBerry Messenger, Line dan sejenisnya

KEDUA, Bisa dilakukan Tanpa Modal Uang

Umumnya bisnis butuh modal yang tidak sedikit. Bagi anda yang minim modal seperti saya bisa terjun ke bisnis online. Ada berbagai model yang bisa kita gunakan dalam bisnis online dengan tanpa modal uang tetapi bisa menghasilkan uang.

5 Model Bisnis Modal Dengkul , Ide dari mas Saptuari Sugiharto ini bisa dicoba buat Anda…!

KETIGA, Berpotensi Menjadi Passive Income

Tujuan utama memilih bisnis menjadi jalan hidup salah satunya karena kalau sudah berjalan rutin akan menghasilkan penghasilan tetap. Dengan Bisnis online tahapan tersebut akan relatif mudah dicapai karena hampir semua tools dalam bisnis online bisa dilakukan secara otomatis dengan software, website dan aplikasi.

Nah ! sedikit gambaran tentang bisnis online sudah kebayangkan ? Kalau anda pemula seperti saya mulai dari ikhtiar dahulu semaksimal mungkin target pendapatan sesuai kemampuan. Jangan terlalu muluk-muluk…!

METODE MENGHASILKAN PENDAPATAN DARI BISNIS ONLINE

Ada sedikitnya 4 metode dalam bisnis online tanpa modal atau saya akan selalu menyebutnya internet marketing Gratisan.

  1. Affiliate Marketing

affiliate-marketingApa yang dimaksud affialite marketing ? Yaitu metode sebuah metode pemasaran produk yang melibatkan Pembuat Produk  biasanya disebut merchants dan Affiliates atau pemasar/marketer dalam bahasa kerennya makelar online gitu lah…hehehehe.

Affiliate Marketing ini melibatkan 2 pihak yaitu Pemilik Produk  dan Pemasar atau Affiliate Marketer alias makelar online.

Bagaimana Jalannya proses dalam affiliate Marketing secara singkat bisa tergambar dalam ilustrasi gambar dibawah ini :

affiliate Lazada

Maaf saya ambil contoh sistem affiliasi di lazada.co.id sebagai contoh agar lebih mudah mencerna bagi Anda yang masih awam tentang affiliate marketing.  Masih banyak layanan yang menyediakan sistem affiliasi di marketplace mereka atau produk mereka.

Pada Prinsipnya ada PRODUK yang ditawarkan oleh Produk Creator dan ada Sistem Affiliasi yang bisa digunakan oleh siapapun untuk memasarkan produk tersebut. Setiap Pemasar atau affiliate marketer akan mendapatkan komisi dari penjualan produk yang dipromosikan tersebut. Nominal dan metodenya akan sangat bervariasi tergantung dari Pemilik Produk.

Sebagai referensi bisa dibuka beberapa website markeplace atau produk creator yang memasarkan produknya dan melengkapi dengan sistem affiliasi :

Sistem Affiliasi di Ratakan.com bisa dicek di halaman mereka  :

Sistem Affiliasi PPOB di Bebasbayar.com

http://www.bebasbayar.com/cara-mendapatkan-penghasilan-tambahan.html

Sistem Affiliasi hotel di pegipegi.com

http://affiliate.pegipegi.com/

Sistem Affiliasi tiket.com

http://www.tiket.com/affiliate

Sistem Affiliasi idaff.com

Masih banyak contoh yang lain insyaallah akan saya share dan ulas secara khusus  tentang penyedia layanan marketplace atau produk yang menyediakan sistem affiliasi.

Yang terpenting adalah langkah selanjutnya agar seorang pemasar atau affiliate marketer bisa menghasilkan uang. Nah, sekarang ini banyak sekali metode dan tekniknya yang umum dilakukan menyebar link affiliasi di media sosial seperti facebook, twitter, instagram bahkan ada yang menyewa iklan di Facebook maupun dengan masang iklan di google adwords.

Simak Lebih lanjut pembahasan tentang teknik mendapatkan customer dengan sistem affiliasi ini, Insyaallah akan saya ulas lebih mendetail.

2. Full Time Blogger

 

Menjadi full time blogger artinya setiap hari kita banyak berinteraksi dengan blog maupun website. Seorang blogger umumnya memiliki blog yang setiap hari diisi dengan artikel sehingga banyak pembaca merasa terbantu dan senang dengan artikel yang kita tulis. Disitulah ada hubungan emosional terjalin karena tulisan-tulisannya biasanya lebih bersifat personal sehingga para pembacanya betah untuk berlama-lama.

Untuk menjadi full time blogger dan bisa menghasilkan dari tulisannya membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu saya letakkan setelah affiliate marketing. Karena tidak semua orang juga bisa menulis dengan baik. Namun demikian ini menjadi salah satu metode yang murah dan mudah hampir tanpa biaya.  Asa tekun dan konsisten menulis yang disenangi pembaca.

Pertanyaan yang sering muncul. Kok bisa ngeblog aja dapet duit ?

Ya tentu saja bisa.  tekniknya antara lain :

  • Menjadi Content Writer

Adalah sebuah profesi orang yang menulis konten dalam sebuah website. Setiap website mempunyai target pembaca masing-masing dan memerlukan konten yang sesuai dengan target pembaca tersebut. Sebuah konten harus berisi hal-hal yang mampu menarik pembaca untuk mengunjungi website tertentu. Disinilah peran seorang content Writer atau penulis konten sangat dibutuhkan.

Tidak sedikit perusahaan, tokoh masyarakat dan instansi pemerintah mau  membayar mahal seorang penulis konten untuk membuat tulisan yang menarik tentang produk atau layanan yang dimilikinya. Apalagi bila anda sudah memiliki jam terbang tinggi dalam dunia tulis menulis ini. Percayalah uang akan datang sendiri kepada anda !

  • Publisher

Bila Anda seorang blogger maka pengunjung blog anda adalah aset. Kunjungan yang tinggi ke blog atau website  anda bisa dimonetize  dengan aneka macam program iklan. Bisa menggunakan :

  • Paid Review ( mereview produk atau layanan )

yaitu model bisnis internet yang membayar publisher blog dengan cara menulis review sebuah produk/jasa/website atau apa saja sesuai permintaan advertiser. Publisher dapat menggunakan website berbayar maupun blog untuk menuliskan berbagai review sesuai dengan request dari advertiser. Semakin tinggi traffic blog/ website yang dimiliki publisher, maka harga review yang dibayarkan advertiser akan semakin tinggi.

Pada umumnya review yang dibuat berbahasa inggris karena bahasanya lebih umum dan cakupan pasarnya lebih luas. Umumnya kriteria penting yang harus dimiliki seorang publisher adalah popularitas blog/website yang cukup bagus dan untuk diterima menjadi Publisher seleksinya cukup ketat.

Pengen tahu penyedia layanan Program Paid to Review? Tunggu ya nanti di postingan selanjutnya akan diulas.

  • PPC ( Pay Per Click)

adalah sejenis program di mana anda menjadi seorang publisher periklanan online. Peranan anda adalah sebagai pengelola website yang menampilkan iklan dari pihak ketiga di website anda , jadi untuk mendaftar atau mengikuti program PPC tentunya anda harus memiliki sebuah blog atau website pribadi.

Ada banyak sekali penyedia layanan PPC tapi hati-hati sebagiannya ada yang SCAM alias tidak bisa membayar para publishernya.

  • Pay Per Lead (PPL)

Pay Per Lead merupakan cara mengiklankan sebuah website jangka panjang untuk menarik member sebanyak-banyaknya. Program Pay Per Lead memberikan komisi kepada membernya yang mampu mengajak orang lain untuk bergabung di sebuah website yang kebanyakan bersifat gratis.

Kemudahan Pay Per Lead

Berbeda dengan bisnis affiliasi lain, Pay Per Lead lebih mudah karena member yang kita ajak tidak perlu melakukan pembelian atau aksi apapun selain mendaftar di jaringan web yang mengadakan program tersebut tanpa harus membayar.

Keuntungan Apa yang Didapat Advertiser dengan Pay Per Lead?

Sebagaimana umumnya sistem promosi, Pay Per Lead juga pada akhirnya akan memberikan keuntungan besar bagi para advertisernya. Para advertiser akhirnya akan memperkenalkan produk mereka kepada para member yang berhasil mereka rekrut, paling tidak website mereka memiliki ranking yang tinggi di dunia online. Bahkan sebagian dari mereka menjual website mereka dengan harga puluhan ribu dollar. Jadi jika hanya memberikan 1 dollar per lead dan jumlah member mereka mencapai 20.000 orang,

3. Dropship dan Reseller

Sistem Dropship

Pelakunya sering di sebut Dropshipper adalah salah satu sistem jual beli online yang mana untuk menjalankan bisnis online dengan sistem ini anda tidak memerlukan modal sepeser pun, karena dengan menjalankan sistim ini, tidak menyediakan stok barang. Kita hanya menawarkan informasi berupa foto atau lainnya kepada konsumen, jika konsumen tertarik untuk membeli, barang akan dikirim langsung dari pihak supplier atau distributornya.

Lalu dari mana dropshiper akan mendapatkan keuntungan ? Meski tidak menyediakan stok barang, konsumen yang membeli, akan membayar kepada dropshipper terlebih dahulu, karena konsumen tidak mengetahui informasi suppliernya. tentunya dengan harga yang sudah di tambahkan untuk keuntungan. Selanjutnya pembayaran tersebut akan di lanjutkan kepada supplier yang memiliki produk dengan harga yang sudah di sepakati.

skema-reseller-dropship

Sumber  : http://www.felisbag.com/

Sistim Reseller

Sedikit berbeda dengan sistim dropship, Reseller menyediakan stok barang terlebih dahulu untuk di jual kembali kepada konsumen. Stok barang didapat dari produsen sebuah produk, dan pihak reseller akan membeli dengan jumlah banyak atau grosir agar mendapatkan harga yang murah.

Sistim ini lebih sederhana untuk dijalankan hanya saja akan membutuhkan sejumlah modal, akan tetapi keuntungan biasanya lebih bisa banyak didapatkan di banding dengan menjalankan sistim dropship, karena produsen bisa memberikan harga yang lebih murah.

Maka dari itu dengan menjalankan bisnis online sistim reseller ini, selain bisa menjual langsung produknya kepada konsumen, bisa juga berpeluang merekrut para dropshipper yang akan membantu meningkatkan pemasaran, sehingga penjualan produk bisa lebih besar.

istilah product creator ada sebutan bagi seseorang yang berhasil membuat produk digital sendiri, baik itu berupa ebook, audio/video tutorial, software dll. Sebenarnya tidak sulit menjadi seorang product creator, yang dibutuhkan hanya ketekunan dan keuletan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang apa kira-kira yang dibutuhkan neters (pengakses internet dan sosial media), kemudian mencari informasi juga tentang bagaimana memberi solusi kebutuhan tersebut.

Sudah mulai terbayangkah ? Usaha GRATISAN yang anda pilih ?

Susunan dan penjelasan diatas saya susun berdasarkan tingkat kemudahan dan modal yang dikeluarkan dari yang paling kecil sama yang paling besar. Asal kita fokus insyaallah akan ada jalan…

Jangan lupa berdoa ! Kunci dari semuanya minta kepada sang Maha Pencipta dan Pemberi Rezeki.

Gravatar Image
Wahyu Tri Sasongko, Seorang Ayah yang punya hobby Ngeblog sekaligus menjalankan bisnis dibidang Teknologi Informasi, Aktif sebagai Trainer Aplikasi Opensource, Trainer pembuatan website, sekarang belajar menjadi seorang internet marketer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *