Bagaimana Survive ditengah Krisis dan Badai PHK

Posted on 178 views

Berita PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di Awal tahun 2016 ini menyisakan banyak sekali kekawatiran. Banyak sekali analisis mulai dari Menurunnya daya beli masyarakat, situasi keamanan yang kurang kondisif maupun dampat dari diterapkanny MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Toh,berbagai analisis itu tidak akan berdampak banyak bagi rakyat kecil atau buruh yang terkena PHK. Bagaimanapun “dapur harus tetap mengepul”, lalu bagaimana caranya ?

Sedikit berbagi pengalaman, karena saya sendiri pernah kena dampak PHK disaat saya baru saja menikah. Karena masih nunut mertua saya gak berani ngomong kalau terkena PHK, setiap pagi saya tetap berangkat bekerja dan seolah-olah tetap “ngantor”. Setiap hari saya mampir kerumah teman dan memutar otak bagaimana caranya agar saya bisa tetap bertahan hidup.

Setiap hari saya browsing di internet mencari peluang dan akhirnya jadilah saya  penjual laptop bekas dan menjual domain & hosting.

Memang tidak banyak hasilnya dibandingkan gaji saya sebagai supervisor, tetapi pada saat itu bisa untuk bertahan hidup beberapa bulan.

Alhamdulillah meskipun sekarang masih berstatus karyawan tetapi usaha jualan hosting dan domain  masih tetap berjalan, ditambah bikin website dan toko online, kadang juga nerima orderan setup server dan VPS. Meskipun belum maksimal semua usaha saya karena  memang belum punya karyawan tetapi saya tetap optimis  akan berkembang.

Bagaimana dengan Anda ?

Insyaallah di artikel selanjutnya saya akan membahas pengalaman pribadi saya memulai usaha dengan memanfaatkan internet. Semoga bermanfaat bagi anda yang kena dampak PHK dan kesulitan modal. Ingat manusia cuma berusaha hasilnya tawakkal pada sang pencipta, jangan pernah putus asa. Karena Allah yang ngasih cobaan dan Allah juga yang memberi jalan keluar.

Gravatar Image
Wahyu Tri Sasongko, Seorang Ayah yang punya hobby Ngeblog sekaligus menjalankan bisnis dibidang Teknologi Informasi, Aktif sebagai Trainer Aplikasi Opensource, Trainer pembuatan website, sekarang belajar menjadi seorang internet marketer

One thought on “Bagaimana Survive ditengah Krisis dan Badai PHK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *